Selasa, 17 April 2012

MEMULAI USAHA SABLON

untuk memulai usaha sablon ternyata tidak perlu banyak memerlukan modal besar. Tidak sampai lebih dari 1 juta kita sudah bisa membeli peralatan sablon. Adapun alat-alat yang wajib kita butuhkan adalah :
1. Screen

Tergantung apa yang akan kita sablon, apakah kertas, plastik, mika / acrylic atau kain (baju kaos).
Untuk sablon kertas, plastik maupun mika standar screen yang digunakan bisa dari tipe T150, T180 sampai T200.
Sedangakan sablon untuk bahan kain bisa menggunakan screen tipe T50 (cocok untuk penggunaan pasta karet)  atau T90 (cocok untuk penggunaan pasta extended atau superwhite).
kisaran harga screen ini bervariasi tergantung ukuran dan tipe screen tersebut.
contoh harga didaerah banjarmasin sendiri:
-T90. ukuran 30x40cm
Harga Rp 30.000 s/d Rp 40.000
-T150 ukuran 30x40cm
Harga Rp 45.000
-T180 – T200 ukuran 30x40cm
Harga Rp 50.000 s/d Rp 60.000

2. Rakel


Harga rakel bervariasi dinilai dari ukuran centimeter berkisar antara Rp 3.000 s/d Rp 3.500 per  centimeter.
Jadi tentukan dulu berapa lebar area bidang yang akan kita sablon.

3. Obat afdruk


- Solvent (Basis Minyak)
obat afdruk yang dipakai memang khusus digunakan untuk tahan terhadap tinta berbasis minyak. dan biasa digunakan untuk sablon kertas, plastik dan lain lain.
berbagai macam merk yang ada di pasaran, salah satunya Ulano 122 atau Ulano 133. Kisaran harga termurah Rp 22.500.
- Waterbase (Basis Air)
khusus untuk tinta berbahan dasar air, dan sering dipakai untuk sablon kain. untuk merk Ulano TS kisaran harga Rp 35.000, ulanol tz kisaran harga Rp. 20.000 dan Photoxol TS kisaran harga Rp 13.500
-(Stencil Remover)Penghapus Screen

digunakan disaat kita akan membersihkan screen dari film yang sudah selesai kita pakai. untuk merk ulano 4 kisaran harganya Rp 12.500.
Tapi sebagai alternatif yang lebih murah bisa juga menggunakan deterjen pemutih seperti by*lean, atau produk sejenis dijamin tidak kalah manjur….tinggal campurkan dengan air bersih.

4. Reducer

Reducer atau dengan istilah lain adalah pengencer tinta. khusus solvent bisa menggunakan M3, M4 maupun terpin kisaran harga mulai dari Rp 15.000

5. Meja Sablon

Meja yang paling sederhana bisa kita buat sendiri dengan bahan
-kaca bening tebal 5mm  ukuran tergantung dari berapa lebar yang kita butuhkan. Sebagai contoh ukuran 40x60cm harga mulai dari Rp 25.000

- Catok
Catok atau Engsel berfungsi sebagai penjepit screen agar lebih memudahkan pekerjaan kita di meja sablon. catok biasa  harganya mulai dari Rp 25.000/set (1 set dapat 2 catok).
- Kayu balok ukuran kecil atau apabila perlu ditambah papan. badget yang mesti dikeluarkan Rp 30.000. jangan beli kayu yang mahal…cukup yang kuat saja.
berbeda apabila yang akan kita sablon itu kain atau baju…agar lebih hemat tanpa meja, cukup menggunakan triplek atau karton jakarta sebagai alas pengencang.



6. Tinta sablon

Bermacam merk yang ada dipasaran dari harga murah sampai yang paling mahal. Dan tentunya harga berpengaruh juga pada kualitas.


7. Hair Dryer

Jangan anggap alat ini cuma buat mengeringkan rambut saja. hair dryer sangat penting fungsinya untuk mengeringkan screen disaat proses afdruk maupun sesudah dicuci. dan juga mempercepat proses pengeringan sablon kaos. Harga alat ini paling murah Rp 60.000 tergantung merk dan lokasi tempat anda tinggal. sebagai alternatif bisa juga menggunakan kipas angin, namun waktu pengeringan lumayan lama.

8. Spray


semprotan air berfungsi disaat proses pembuatan film maupun pembersihan screen. kisaran harga Rp 8.000
Untuk perlengkapan lainnya tinggal anda sendiri yang tentukan sesuai dengan kebutuhan…kemana anda akan membawa usaha sablon anda..apa yang menjadi target utama. Usaha sablon mempunyai ruang kerja yang cukup luas, mulai dari cetak undangan, kartu nama, sablon tas kresek, stiker, sablon kaos, sampai ke bisnis Distro juga bisa kita geluti apabila cukup modal.


Kreativitas dan menjaga kualitas sangat berperan penting agar usaha kita tetap eksis dan semakin maju.
selamat berwira usaha …semoga sukses…..

0 comments:

Posting Komentar