Rabu, 25 April 2012

Jenis Kertas Cetak


Pada dunia Percetakan jenis dan type kertas sangatlah banyak dan hampir dari setiap jenisnya sangat sulit untuk dibedakan. Agar kita bisa lebih memahami perbedaannya, kita bisa lihat dari beberapa sudut pandang seperti Texture, Tebal maupun Fungsi kertas itu sendiri.

Uncoated Paper

Kerta yang termasuk uncoated diantaranya : Kertas HVS, HVO, Kertas koran, dll.
Uncoated mempunyai sifat dengan daya penyerapan yang besar, akan terlihat pada permukaan yang sedikit kasar, mudah terkelupas atau terjadi picking (tercabut), PH rendah sehingga lambat kering, dan karena permukaannya bergelombang (tidak rata) maka hasil cetak tidak menimbulkan gloss.

Coated paper

Jenis kertas yang termasuk coated antara lain : Art paper, coated paper,mat coated, cast coated, art karton, coated karton. Sifat-sifat dari Coated Paper ini berbanding terbalik dengan Uncoated paper. Penggunaan bahan Coated paper ini biasa dipakai pada cekan untuk jenis Brosur, Flyer dsb. Jenis bahan ini paling sering di kombinasikan dengan finishing cetak “Ultra Vernish (UV) / Super Glossy”.

Non Absorption Paper

Yang termasuk non absorbtion antara lain :
Vynil stiker, Yupo, Typex, Gold Foil, Alumunium Foil, art synthetic paper, dll.
Karena jenis ini tidak mempunyai daya serap, maka pengeringan terjadi secara oksidasi penuh. Biasanya timbul masalah set off atau lambat kering. Sehingga perlu penanganan khusus seperti :
- tidak menumpuk hasil cetakan terlalu tinggi
- PH air pembasah tidak terlalu asam (karena akan menghambat oksidasi)
- memakai air pembasah seminim mungkin
Hati-hati karena tinta mempunyai pengeringan lebih cepat dari pada tinta biasa, tidak sampai lapisan tinta mengering

Jenis kertas yang dipasarkan umumnya terbagi menjadi 3 (tiga) bagian utama, yaitu :

1. Kertas berdasarkan jenis serat, kertas jenis ini terbagi menjadi 2 (dua) yaitu :
a. kertas mengandung kayu, dengan ciri-ciri :
- terdiri dari serat mekanis
- tidak tahan disimpan lama
- mudah berubah warna jika terkena matahari
contoh : koran, HHI
b. kertas bebas kayu, dengan ciri-ciri :
- terdiri dari serat kimia
- tahan disimpan lama
contoh : HVS, HVO
2. Kertas berdasarkan pekerjaan akhir (Finishing), yaitu :
a. kertas coated, dengan ciri-ciri :
- terdiri dari kertas dasae dan lapisan kapur dengan bahan perekat
- permukaannya halus dan mengkilap (gloss)
- daya serap terhadap minyak lemah
contoh : art paper, kunsdruk
b. kertas uncoated, dengan ciri-ciri :
- tidak diberi lapisan kapur
- permukaan kertas kasar tapi bisa juga dihaluskan
- daya serap terhadap minyak kuat
contoh : koran,HHI, HVS, HVO
3. kertas berdasarkan penggunaannya, yaitu :
a. Kertas cetak, seperti HVO, koran, art paper
b. Kertas tulis, seperti HVS, kertas gambar
c. Kertas bungkus, seperti cassing, kertas sampul, kertas Samson
d. Kertas khusus, seperti kertas uang, kertas sigaret, kertas tisue.

Jenis Kertas Berdasarkan Nama / Jenis yang sering ditemui di pasaran
HVS

Adalah singkatan dari houtvrij schrijfpapier yang berarti kertas bebas serat kayu. Kertas ini termasuk jenis uncoated yang permukaannya tidak dilapisi sehingga bersifat kasar dengan daya serap yang kuat. Permukaanya yang tidak rata menyebabkan hasil cetak yang tidak mengkilap.

Sering digunakan untuk Mencetak Kop Surat, Amplop, Nota  dan kebutuhan kantor lainnya serta Buku, Majalah dan Buletin. Gramasi yang sering digunakan mulai dari 60, gram, 70 gram, 80 gram sampai pada 100 gram.


Art/Matt Paper
Lebih dikenal dengan kertas dengan permukaan licin dan mengkilap di kedua sisinya, atau sering disebut dengan Coated Paper. Kertas jenis ini tidak cocok digunakan untuk keperluan tulis menulis karena sifat permukaannya yang licin tadi yang dilapisi (coated) dengan daya serap yang lebih lambat sehingga tinta pulpen agak sulit mengering.

Kertas jenis ini biasa digunakan untuk Cetak Brosur, Flyer, Leaflet, Annual Report, Cover Buku, Cover Majalah dan Kalender. Kertas ini mempunyai 2 jenis yaitu permukaan yang licin dan semi doff (matt). Hasil yang dihasilkan lebih bagus dibandingkan jika dicetak diatas kertas HVS. Hal ini disebabkan karena rasternya halus dan tidak menyerap cat. Hingga diperoleh warna yang lebih solid.
Gramasi yang umum dipakai adalah 100gr, 120gr, 150gr.

Art Carton
Bahan kertas ini sama seperti art paper, cuma mempunyai gramasi yang lebih tebal. Bahan ini biasa digunakan untuk cetakan seperti kartu nama, katalog, company profile, brosur dan cetakan lainnya yang membutuhkan kertas agak tebal.
Setelah dicetak pada bahan ini biasanya dilapisi dengan laminating/vernis untuk memberikan hasil yang lebih bagus.
Gramasi yang umum dipakai 190gr, 210gr, 260gr, 310gr, 360gr.

Duplex (coated)
Bahan duplex ini gampang dibedakan dengan bahan lainnya, sisi depan putih sedangkan sisi belakang abu-abu.
Biasa dicetak cuma 1 sisi, banyak digunakan untuk pembuatan box packaging karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan bahan lainnya. Gramasi yang umum dipakai 250gr, 270gr, 310gr, 350gr, 400gr.

CWb/duplex putih
Sapa seperti duplex, yang berbeda adalah bagian dalamnya putih, sehingga kelihatan lebih bersih. Bahan ini cocok digunakan untuk box packaging makanan. Gramasi yang umum digunakan 230gr, 250gr, 300gr.

Ivory
Bahan ivory ini hampir sama seperti art carton. 2 sisinya putih, cuma tidak seputih art carton. Yang membedakan Art Carton 2 sisinya licin. Ivory cuma 1 sisi yang licin. mirip cwb cuma lebih halus cwb. Bahan ini juga banyak digunakan untuk box cosmetic, karena cukup tebal/kokoh. Gramasi yang umum digunakan 210gr, 230gr, 250gr, 300gr, 350gr.

Samson kraft
Warna kertasnya coklat muda, bahannya daur ulang, permukaan kasar. Umumnya digunakan untuk kertas bungkus, namun karena kesannya klasik bahan ini juga banyak digunakan untuk pembuatan paperbag, hangtag, karena warna dasarnya coklat, umumnya dicetak 1-2 warna saja. Gramasi yang umum digunakan 150gr, 220gr (carton)

BW/BC/Linen/Concorde
Kertas ini bertexture, biasanya digunakan untuk kop surat/sertifikat. Terdapat berbagai pilihan warna. Biasanya gramasi antara 220-250 gr.

Jasmine
Bahan jasmine ini banyak digunakan untuk membuat undangan, kesannya seperti terdapat gliter2 warna kuning. 

Corrugated paper (gelombang)
Sesuai namanya corugated ini karton gelombang (seperti box indomie). Box ini kalo dicetak umumnya di tempel lagi, ada yang ditempel pake duplex, kraft atau hvs.
Jadi kalo dicetak fullcolor, dicetak dulu di bahan lain baru di tempel.


Kertas Fancy
Jenis kertas merupakan bagian dari Jenis Kertas yang paling Mewah, Eksklusif dan Elegan. Dengan harga yang premium kertas fancy biasa digunakan untuk kebutuhan Cetak Mencetak berbagai Kartu, mulai dari Kartu Nama Eksklusif, Kartu Undangan Pernikahan dan Invitation Card formal untuk perusahaan-perusahaan, Kartu Ucapan Terima Kasih, Cover Buku dan Cover Majalah Eksklusif.